Model bisnis pada usaha UMKM Aqueena sambal ikan gabus Kota Samarinda dengan pendekatan buisness model canvas

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsep.v9i1.72

Kata Kunci:

Model Business Canvas, Sambal Ikan Gabus, UMKM Aqueena

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana model canvas bisnis yang saat ini digunakan pada usaha UMKM sambal ikan gabus Aqueena dan apakah usaha tersebut layak dilakukan. Penelitian ini dilakukan selama 12 bulan yaitu dari bulan Juni 2022 sampai dengan Juni 2023. UMKM pengolahan sambal ikan berada di Kota Samarinda Kecamatan Samarinda Ulu Kelurahan Air Hitam. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel terhadap pengolahan UMKM sambal ikan gabus menggunakan metode purposive dimana UMKM yang terpilih ialah sambal ikan gabus Aqueena, sedangkan metode analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bisnis canvas saat ini adalah, customer segemnts pelanggan orang dewasa usia 20-60 tahun, pengguna media sosial Instagram, masyarakat suku banjar dan masyarakat umum penggemar produk olahan sambal, value propositions memiliki sertifikat izin P-irt dan Halal, menggunakan bawang dayak, dan menggunakan kemasan tutup almunium foil, channels media oflline pameran produk dan media online Instagram, customer relationship saran langsung dan kritik dari pelanggan, key resources sumberdaya fisik, finanasial, sumberdaya manusia dan sumberdaya intelektual, key aktivities aktivitas produksi, penjualan, kemitraan dan pengembangan produk, key patnership pemasok bahan baku pasar Selili dan Segiri Kota Samarinda, Bank Indonesia Kaltim dan dinas perdagangan UMKM Samarinda. Berdasarkan hasil perhitungan analisis usaha, biaya investasi sebesar Rp5.159.835 biaya tetap Rp92.421 biaya tidak tetap Rp4.481.690 total biaya Rp4.574.11 perbulan. RCR sebesar 2.5 BEP harga Rp11.435 BEP produksi 152.4 botol BEP penjualan Rp151.509 Payback Period 0.69 bulan atau 20.7 hari Return On Invesment 143.9%

Biografi Penulis

Zulkipli, Universitas Mulawarman

Mahasiswa pada Jurusan Sosial dan Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarwan, Indonesia

Erwiantono, Universitas Mulawarman

Staf Pengajar Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman, Indonesia

Oon Darmansyah, Universitas Mulawarman

Staf Pengajar Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman, Indonesia

Referensi

Andriyanto, S. (2009). Ikan Gabus (Channa striatus) Manfaat Pengembangan dan Alternatif Teknik Budidayanya. Pusat Riset Perikanan Budidaya. KKP. Jakarta

Choliq,A. (2004). Pengertian Payback Period. Diakses pada tanggal 21 September 2022. https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-paybackperiodrumuscaramenghitung-payback-Period/

Christian, D., Wicandra, O.B., dan Asthararianty. (2015). Perancangan buku panduan wisata kuliner khas Kalimantan di Samarinda. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, Vol. 2, No. 7.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. 2019. Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley.

Soekarwati. (2005). Agroindusti Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Jakarta: PT.RajaGrapindoPersada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wirartha, I.M. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi.

Yarni, V. F., Siang, R. D., & Piliana, W. O. (2019) Bisnis model canvas pada industri pengolahan rajungan (Portunus pelagicus) (studi kasus di CV. Alfaraya Metra Bahari Kelurahan Purirano Kecamatan Kendari Kota Kendari). J. Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO, ISSN 2502-664X: 4(1) Februari 2019.

Unduhan

Diterbitkan

29-02-2024

Cara Mengutip

Zulkipli, Erwiantono, & Darmansyah, O. (2024). Model bisnis pada usaha UMKM Aqueena sambal ikan gabus Kota Samarinda dengan pendekatan buisness model canvas. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 9(1), 63–70. https://doi.org/10.33772/jsep.v9i1.72