Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Objek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsepi.v6i4.188

Kata Kunci:

Objek Wisata, Kepuasan, Kualitas Layanan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah dan jenis layanan setiap objek wisata dan  untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap setiap layanan objek wisata di Pantai Nirwana Kota Baubau. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Agustus 2020. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Variabel penelitian yang diamati adalah jumlah dan jenis layanan setiap objek wisata dan tingkat kepuasan konsumen terhadap setiap layanan objek wisata di Pantai Nirwana. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 3 jenis layanan objek wisata yaitu layanan objek wisata wahana permainan, layanan objek wisata keindahan pantai dan layanan fasilitas penunjang. Tingkat kepuasan konsumen berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu tingkat kepuasan untuk layanan objek wisata wahana permainan yang mendapatkan penilaian tertinggi yaitu kehandalan dengan range 3,7 yang menunjukkan kriteria puas. Tingkat kepuasan untuk layanan objek wisata keindahan pantai yang mendapat penilaian tertinggi yaitu bukti fisik dengan range 4,18 yang menunjukkan kriteria puas. Tingkat kepuasan untuk layanan fasilitas penunjang yang mendapatkan penilaian tertinggi yaitu bukti fisik terhadap warung/kantin dengan range 4,55 yang menunjukkan kriteria sangat puas. 

Biografi Penulis

Winda, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, kendari, Indonesia

Baru Sadarun, Universitas Halu Oleo

Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, kendari, Indonesia

Akhmad Mansyur, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, kendari, Indonesia

Referensi

Amirullah. (2016). Penerapan sapta pesona di pantai polewali kabupaten poliwali mandar provinsi Sulawesi barat. Jurnal kepariwisataan, 10 (2) : 15-27.

Dwiputra, R. (2013). Preferensi Wisatawan Terhadap Sarana Wisata Di Kawasan Wisata Alam Erupsi Merapi. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 24(1) :35-48.

Keliwar, S dan Nurcahyo, A. (2015). Motivasi Dan Persepsi Pengunjung Terhadap Objek Wisata Desa Budaya Pampang Di Samarinda. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure. 12 (2) : 10-27.

Latupapua, Y. Th. (2011). Persepsi Masyarakat Terhadap Potensi Objek Daya Tarik Wisata Pantai Di Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Agroforestri. 6 (2) : 92-102.

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Naskah Karya Tulis Ilmiah. 20 (4) : 478-492.

Permatasari, U., Budiyanto Dan Sjamsu A. L. (2019). Hubungan Antara Persepsi Dengan Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Lokasi Pariwisata Pulau Bokori Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. J. Sosial Ekonomi FPIK UHO, 4 (3) : 171-177.

Rosita., Marhanah, S dan Hanoum, W. W.( 2016). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margawisata Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 13 (1) : 1-12.

Shinta, R. D. (2016). Analisis kepuasan konsumen pada pedagang kaki lima di kawasan simpang lima semarang. Jurnal administrasi bisnis, 5 (1) : 13-23.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Suhardin. (2016). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Pengetahuan Tentang Konsep Dasar Ekologi Terhadap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. 14 (1) :117-132.

Suharto. (2016). Studi Tentang Keamanan Dan Keselamatan Pengunjung Hubungannya Dengan Citra Destinasi (Studi Kasus Gembira Loka Zoo). Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, 14 (1) : 287-304.

Susilawati., Mappamiring, H dan Alimuddin, S. (2016). Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Bira Sebagai Sumber Unggulan Pendapatan Asli Di Daerah Kabupaten Bulukumba. Jurnal Administrasi Public, 2 (3) : 351-366.

Soedarso., Nurif, M dan Windiani. (2014). Potensi Dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam Dengan Pendekatan Marketing Places (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Sosial Humaniora, 7(2) : 136-149.

Wijono, D. (2014). Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Pantai Kuwaru Sanden Bantul Yogyakarta. Jurnal Maksipreneur, 4(1) : 22-35.

Unduhan

Diterbitkan

01-11-2021

Cara Mengutip

Winda, Sadarun, B., & Mansyur, A. (2021). Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Objek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 6(4), 207–217. https://doi.org/10.33772/jsepi.v6i4.188