Analisis strategi pemasaran produk dendeng ikan di UMKM Belia Jaya Kabupaten Aceh Besar

Penulis

  • Fitria Ulfa Universitas Teuku Umar
  • Syarifah Zuraidah Universitas Teuku Umar
  • Akbardianysah Universitas Teuku Umar

Kata Kunci:

Marketing strategy, Fish jerky, SWOT analysis

Abstrak

Belia Jaya merupakan UMKM yang bergerak dibidang pengolahan berupa produk hasil perikanan salah satunya dendeng ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apakah yang sesuai dan tepat dalam memasarkan produk dendeng ikan kambing-kambing di UMKM Belia Jaya Kabupaten Aceh Besar. Lokasi penelitian ini dilakukan di UMKM Belia Jaya kec. Kuta baro Kabupaten Aceh Besar, dengan jumlah responden sebanyak 5 orang terdiri dari 1 pimpinan dan 4 karyawan di UMKM Belia Jaya. Analisis yang digunakan ialah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi UMKM Belia Jaya berada pada kuadran pertama hal ini menunjukkan bahwa UMKM Belia Jaya berada pada kondisi yang sangat menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang yang cukup baik. Analisis matriks Swot menunjukkan alternative strategi yang dapat diterapkan oleh UMKM Belia Jaya, yaitu : (1) Memanfaatkan hubungan kerja sama dan dukungan pemerintah; (2) Memperluas jaringan pemasaran; (3) M  eningkatkan volume produksi dengan kemasan yang bervariasi; (4) Mengoptimalkan penggunaan teknologi dan informasi untuk meningkatkan akses pasar; (5) Meningkatkan mutu dan kualitas produk agar dapat bersaing; (6) Mempertahankan kualitas yang ada dengan harga yang terjangkau; (7) Melakukan pengembangan produk melalui inovasi-inovasi baru agar dapat bersaing dengan pesaing baru.

Biografi Penulis

Fitria Ulfa, Universitas Teuku Umar

Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar

Syarifah Zuraidah, Universitas Teuku Umar

Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar

Akbardianysah, Universitas Teuku Umar

Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar

Referensi

[DKP] Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh. (2019). Profil Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh tahun 2020. Aceh: DKP Aceh.

[DKP] Dinas Kelautan Dan Perikanan Aceh. (2019). Profil Peluang Usaha dan Investasi kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh (Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Aceh: DKP Aceh.

Farisi, S. A., & Muhammad Iqbal Fasa, S. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 1-12.

Hariyani, M. P., & Nunuk, I. (2017). Mutu organoleptik dan karakteristik kimiawi dendeng Kupang Corbula faba) kajian dari konsentrasi kupang putih dan bahan pengisi yang berbeda. Universitas dr. Soetomo Surabaya.

Juniar. (2019). Analisis Bauran pemasaran (Marketing Mix) Berdasarkan Prinsip Syariah (Studi Kasus PT. Humaira Trading di Kabupaten Aceh Besar). Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh.

[KKP] Kementrian Kelautan dan Perikanan. (2018). Data Statistik Produksi Perikanan Tangkap Menurut Provinsi. 2018. Jakarta (ID): KKP.

Oktari, d., & dwi apriliani ags, l. (2019). Analisis mutu dendeng ikan kambing-kambing (abalistes stellaris) dengan penambahan gula aren (arenga pinnata) konsntrasi yang berbeda. jurnal abulyatama, 59-66.

Putra, G. S. (2019). Analisis Strategi Bauran Pemasaran 4P(Suatu Studi pada CV. Sportwear di kota Bandung). Universitas Galuh Ciamis.

Rahmawati, D., & Rina Dwi Handayani, W. (2019). Pengembangan Pemasaran produk Roti dan Pastry dengan Bauran Pemasaran $P di Sari Good Bakery. Jurnal Abdimas BSI, 233-243.

Richard, & Thomas Sumarsan Goh , E. (2018). Pengaruh Analisa SWOT dan Segemtasi Pasar Terhadap Pencapaian Target Penjualan di PT. Seltech Utama Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega, 43-54.

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

Ulfa, F., Zuraidah, S., & Akbardianysah. (2023). Analisis strategi pemasaran produk dendeng ikan di UMKM Belia Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8(2), 95–102. Diambil dari https://jsep.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/24