Hubungan ekspektasi dengan kepuasan wisatawan di lokasi wisata Pantai Nirwana Kota Baubau

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsep.v10i1.44

Kata Kunci:

Pantai Nirwana, Ekspektasi, Kepuasaan, Baubau

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Lokasi Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau selama periode Oktober sampai November 2017. Tujuan penelitian adalah mengetahui ekspektasi wisatawan terhadap objek dan hubungan ekspektasi dengan kepuasaan wisatawan dalam penyediaan objek Wisata Pantai Nirwana Kota Baubau. Metode yang digunakan adalah teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Jenis data yang diamati yaitu ekspektasi dan kepuasaan pengunjung wisatawan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan koefisien korelasi. Hasil analisis ditemukan bawhwa : (1) Berdasarkan data yang diperoleh peneliti mengenai ekspektasi wisatawan sebelum berkunjung dan kepuasan wisatawan setelah berkunjung mengenai penyediaan objek wisata di pantai Nirwana mendapatkan penilain yang sama dari wisatawan yaitu cukup bagus dan cukup puas, (2) antara ekspektasi mengenai penyediaan objek wisata tangibles (terwujud), reliability (kehandalan), attractivites (daya tarik) dengan kepuasan wisatawan adalah berhubungan sangat kuat.

Biografi Penulis

Ruwiati, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan FPIK UHO

Budiyanto, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Akhmad Mansyur, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Bobby Afyudi, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Desy Sriwulan, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Referensi

Happy, Wendi Ardiawan. (2009). “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Luwes Loji Wetan Solo)”. Skripsi. (Surakarta: Program Studi Manajemen, Universitas Sebelas Maret). Surakarta.

Heher. (2003). Model Investasi dan Pengembangan Ekowisata. Fakultas Administrasi Perhotelan Universitas Cornell.

Rihmawati, Nur Faizah. (2019) Pengaruh Ekspektasi Wisatawan Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Wana Wisata Pantai Tanjung Papuma Kabupaten Jember. Skripsi. Program Studi Manajemen. Universitas Jember. Jember.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suharjo dan Patong. (1998). Berbagai Macam Pendidikan. Bumi Askara. Jakarta

Tribambang, Z. D., & Surdin, S. (2019). Deskripsi Potensi Objek Wisata Pantai Nirwana Di Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari Kota Baubau Ditinjau Dari Aksesibilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 4(3), 12. https://doi.org/10.36709/jppg.v4i3.8264

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2025

Cara Mengutip

Ruwiati, Budiyanto, Mansyur, A., Afyudi, B., & Sriwulan, D. (2025). Hubungan ekspektasi dengan kepuasan wisatawan di lokasi wisata Pantai Nirwana Kota Baubau. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 10(1), 127–132. https://doi.org/10.33772/jsep.v10i1.44

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>