Analisis nilai tambah usaha penangkapan Kepiting Bakau di Desa Eelahaji Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara

Penulis

Kata Kunci:

Analisis Keuntungan, Nilai tambah, penjualan kepiting bakau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji besar keuntungan nelayan yang didapatkan dari penjualan kepiting bakau dan mengkaji besar nilai tambah penjualan kepiting bakau di Desa Eelahaji Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Maret 2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder, analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis keuntungan dan analisis nilai tambah. Hasil penelitan menunjukkan bahwa total keuntungan yang didapatkan oleh 8 jiwa nelayan tangkap kepiting bakau adalah sebesar Rp19.652.062/bulan dan besar nilai tambah senilai Rp29.537.000.

Biografi Penulis

Yogi Adrianto, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Rosmawati, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

La Ola La Onu, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Irdam Riani, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Desy Sriwulan, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Referensi

Andika, R., Pratiwi, S., Anisa, A. Dan Putri, S.A., 2017. Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Mikropada Pasar Tradisional. Jurnal Ekonomi Islam Al-Sharf. Vol. 1, No. 1.

Asriadin. La Ola, L.O. Nurdiana, A. 2017. Analisis Pendapatan Nelayan Sero di Desa Beropa Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi. Sosial Ekonomi Perikanan. Vol. 2(4).

Feni, R., Marwan, E., Mufriantie, F., & Sukardi, S. (2021). Pendapatan Nelayan Pencari Kepiting Bakau Di Desa Pasar Ngalam Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Propinsi Bengkulu. Jurnal MeA (Media Agribisnis) , 6 (1), 44-51.

Indahyani, F., & Khairuddin, K. (2016). Sitem bagi Hasil Nelayan Pukat Cincin di Kota Parepare. Jurnal Galung Tropika, 5(2), 63-70.

Sarwanto, E., Wiyono, E.S., Nurani, T.W. dan Haluan J., 2014 Kajian Sistem Pemasaran Ikan Hasil Tangkapan Nelayan di Kabupaten Gunungkidul Provinsi DIY. J. Sosek KP Vol. 9 No. 2

Kasiram, Moh. 2008. Metodologi penelitian. Malang : UIN-Malang Pers.

La Ola, L.O., Lawelle, S. A., Nurdiana A., dan Siang, R. D., 2015. Kajian Pem-bangunan Usaha Perikanan di beberapa Kawasan Pengembangan Perikanan dan Dampaknya terhadap pertumbuhan Ekonomi Kota Kendari. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kendari dan Lembaga Penelitian Universitas Halu Oleo. Kendari

La Ola, L.O. 2017. Ekonomi Produksi Perikanan. CV Andi Offset (Penerbit Andi). Yogyakarta.

La Ola, L.O., Siang, R. D., dan Nurdiana, A. 2016. Nilai Tambah Pelaku Bisnis di Pelabuhan Pendaratan Ikan Sodohoa dalam Menunjang Pertembuhan Ekonomi Kota Kendari. Jurnal Bisnis Perikanan FPIK UHO, ISSN: 2355-6617 3(1).

Makki, M.F. 2001. Nilai Tambah Agroindustri pada Sistem Agribisnis Kedelai di Kalimantan Selatan. Dalam jurnal Agro Ekonomika. VI(1).

Soekartawi, 2007. Agroindustri dalam perspektif sosial ekonomi. PT. raja grafindo persada jakarta. ISBN: 979-421-676-3

Raisi, La. Nurdiana A. Irdam Riani. 2019. Analisis Pendapatan Usaha Nelayan Purse Seine di Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan. Vol. 4(4).

Sukirno, S., 2015. Teori Pengantar Makro Ekonomi. Edisi Ketiga. ISBN: 979:421-413-2-978-979-421-413-8

Ulfa, H. Agustina, Wahyu H. Rianto dan Hendra K. 2018. Analisis Pengaruh Modal dan Tenaga Kerja Terhadap Efisiensi Produksi Genteng di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol. 2 (2): 194-205.

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

Adrianto, Y., Rosmawati, La Onu, L. O., Riani, I., & Sriwulan, D. (2023). Analisis nilai tambah usaha penangkapan Kepiting Bakau di Desa Eelahaji Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8(2), 103–108. Diambil dari https://jsep.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/4

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>