Efisiensi produksi budidaya ikan bandeng (Chanos chanos) di Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsep.v8i3.26

Kata Kunci:

Efisiensi, Faktor Produksi, Konawe Selatan, Budidaya, Ikan Bandeng

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi, dan efisiensi budidaya ikan bandeng di Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah pembudidaya ikan bandeng berjumlah 24 orang. Penentuan sampel dilakukan secara acak sederhana. Variabel yang dikumpulkan yakni jumlah produksi, luas lahan, tenaga kerja, jumlah nener, jumlah pupuk dan jumlah kapur. Analisis data yang digunakan yakni analisis regresi non linear berganda dan analisis efisiensi faktor produksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama penggunaan faktor produksi budidaya ikan bandeng (luas lahan, tenaga kerja, jumlah nener, jumlah pupuk dan jumlah kapur) berpengaruh nyata atau signifikan terhadap produksi, sedangkan secara parsial (sendiri-sendiri) faktor yang berpengaruh nyata atau signifikan terhadap jumlah produksi adalah variabel luas lahan dan jumlah nener, dan faktor yang tidak nyata atau signifikan adalah  tenaga kerja, jumlah pupuk dan jumlah kapur. Namun penggunaan faktor produksi tidak efisien.

Biografi Penulis

Budiyanto, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Sarini Yusuf, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Muhammad Idris, Universitas Halu Oleo

Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Ruslaini, Universitas Halu Oleo

Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Irdam Riani, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Referensi

Aisyah, S. (2012). Strategi Diversifikasi Korporat, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. Universitas Brawijaya Press. Malang

Bangun, W. (2007). Teori Ekonomi Mikro. Bandung: PT Refika Aditama. Bandung

BPS Kecamatan Tinanggea. 2021. Kecamatan Tinanggea dalam Angka. Badan Pusat Statistik. Kecamatan Tinanggea.

Daniel, M. (2002). Pengantar Ekonomi Pertanian untuk Perencanaan. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Gunawijaya, R. (2017). Kebutuhan manusia dalam pandangan ekonomi kapitalis dan ekonomi Islam. Jurnal Al Maslahah, 13 (1), 131-150.

Hanafi, R., (2017). Analisis efisiensi penggunaan faktor produksi pada industri kecil dan menengah furnitur di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 4 (1), 883-8.

Islamiyah, D., Rachmawati, D., & Susilowati, T. (2017). Pengaruh penambahan madu pada pakan buatan dengan dosis yang berbeda terhadap performa laju pertumbuhan relatif, efisiensi pemanfaatan pakan dan Kelulushidupan ikan bandeng (Chanos chanos). Journal of Aquaculture Managementand Technology.6 (4): 67-76.

La Siu, Budiyanto, & Wa Ode Piliana. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usaha penangkapan rajungan di Desa Lolibu Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton. J. Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO, 6 (1).

Marhawati & Muhammad I. M, (2018). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi produksi ikan bandeng di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. jurnal ekonomi dan pendidikan vol, 1(2), hal 50-57.

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Raya Grafindo Persada. Jakarta.

Mulyadi, I., E. (2012). Budidaya Perikanan. Modul 1. Jakarta.

Mustafa, A., & Ratnawati, E. (2013). Karakteristik dan pengaruh faktor lingkungan terhadap produksi ikan bandeng (Chanos chanos) di Tambak tanah sulfat masam Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Riset Akuakultur. 8 (2) : 325-338.

Noval, I N, Budiyanto, Riani. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ikan bandeng (Chanos chanos) yang di produksi di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan. 5 (3) : 181-189.

Pezi, U. J., & Novita, U. D. (2021) Faktor-Faktor yang mempengaruhi pendapatan petani tambak ikan bandeng (Chanos chanos) di Dusun Sungai Mas Desa Sebatuan Kecamatan Pemangkat. Jurnal Perikanan dan Ilmu Kelautan Vol 1 (1), hal 9-7.

Pisi D, Budiyanto & Riani I. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi budidaya tambak udang vaname (Litopenaeeus vannamei) di Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka. J. Sosial Ekonomi Perikanan FPIK. 6 (2).

Soekartawi. (1994). Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglass. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wahyuni, T. D., Sasongko, S., & Muljaningsih, S. (2019). Analisis efisiensi dan faktor-faktor produksi komoditas sektor basis Kabupaten Pati (studi kasus budidaya ikan bandeng Kabupaten Pati, Jawa Tengah). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 14 (1), 59-72.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2023

Cara Mengutip

Nining Putriyani, Budiyanto, Yusuf, S., Idris, M., Ruslaini, & Riani, I. (2023). Efisiensi produksi budidaya ikan bandeng (Chanos chanos) di Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8(3), 157–164. https://doi.org/10.33772/jsep.v8i3.26

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>