Kajian Proses Bisnis Komoditas Ekspor Ikan Kakap Merah (Studi Kasus PT. TOFICO PPS Kota Kendari)

Penulis

Kata Kunci:

Komoditas, Kakap Merah, Ekspor, Proses Bisnis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji besarnya permintaan PT. Holi Osean Indonesia terhadap komoditas ikan kakap merah,   kesiapan PT. Tofico sebagai penjual komoditas ikan kakap merah setiap kali pengiriman dan mengetahui proses bisnis mulai dari perencanaan sampai terjadi transaksi jual beli antara PT. Tofico sebagai penjual di Indonesia dan PT. Holi Osean Indonesia sebagai pembeli di Cina. Penelitian dilakukan di PT. Tofico Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kota Kendari pada bulan Juni 2022.Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan besaran permintaan komoditas ikan kakap merah PT. Holi Osean Indonesia di Cina kepada PT. Tofico di Indonesia setiap bulan sebesar 3.250 kg/bulan.Besaran supplier komoditas ikan kakap merah PT. Tofico di Indonesia untuk memenuhi permintaan PT. Holi Osean Indonesia di Cina sebesar 3.250 kg/bulan. Proses bisnis ekspor dimulai dari PT. Tofico di Indonesia menyiapkan komoditas ikan kakap merah yang berpedoman kepada SOP PT. Holi Osean Indonesia selanjutnya dikirim melalui pelabuhan kontainer Kendari new port melalui jasa pelayaran PT. Tanto dan jasa asuransi untuk keselamatan komoditas tiba dengan selamat di pelabuhan Cina, selanjutnya PT. Holi Osean Indonesia menjemput komoditas yang dimaksud di pelabuhan Cina untuk diantar ke kantor PT. Holi Osean Indonesia.  Penelitian ini menunjukkan bahwa komoditas kakap merah dari Sulawesi Tenggara dapat diekspor ke pasar Cina secara rutin

Biografi Penulis

Rahma Fitriani, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

La Ola La Onu, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Sarini Yusuf, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Akhmad Mansyur, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Risfandi, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Referensi

Budiartami, N. K., & Wijaya, I. W. K. (2019). Analisis Pengendalian Proses Produksi untuk Meningkatkan Kualitas Produk pada CV. Cok Konveksi di Denpasar. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 5(2), 161-166.

Haya, S., & Restuwati, I. (2022). Teknik Pembekuan Ikan Tongkol Bentuk Utuh dengan Metode Air Blast Freezer. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, 2022, 16. 1: 45-63.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus YIN dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. INERSIA: Informasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil dan Arsitektur. 16(1), 92-104.

Nurhayati, L., & Setiadi, D. (2017). “Pemodelan Proses Bisnis (Studi Kasus PD. Simpati Sumedang). Indforman’s, 11(1), 40-50.

Rompas, W. F. (2018). Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Nilai Tukar Terhadap Permintaan Kredit pada Perbankan di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 18(2).

Shabrina, L., Sumiyanto, W., Mulyani, H., & Sipahutar, Y. H. (2022). Alur Produksi Ikan Layur (Trichiurus lepturus) Beku di PT. LPB Belawan-Sumatera Utara. Prosiding Simposium Nasional Kelautan dan Perikanan, 9, 213-222.

Wulandari, S., & Lubis, A. S. (2019). Analisis Perkembangan Ekspor Impor Barang Ekonomi di Provinsi di Sumatera Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 31-36.

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

Fitriani, R., La Onu, L. O., Yusuf, S., Mansyur, A., & Risfandi. (2023). Kajian Proses Bisnis Komoditas Ekspor Ikan Kakap Merah (Studi Kasus PT. TOFICO PPS Kota Kendari). Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8(2), 109–115. Diambil dari https://jsep.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/7

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>