Kajian bisnis perikanan tangkap gurita (Octopus sp.) dengan alat tangkap Ganco di Desa Waiiti Barat Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi

Penulis

Kata Kunci:

Nelayan Gurita, Harga Pokok Penjualan, Keuntungan, Tomia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji harga pokok penjualan yang diterima oleh nelayan gurita (Octopus Sp) (2) Mengkaji keuntungan nelayan gurita (Octopus Sp) dengan alat tangkap ganco setiap kali melaut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Waitii Barat Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi pada bulan Maret-April 2020 metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus dengan jumlah responden dengan 32 orang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara langsug menggunakan kuesioner yang dikumpulkan antara lain biaya bahan bakar, konsumsi, jumlah hasil tangkapan pertrip dan harga penjualan sedangkan data sekunder terdiri dari jumlah penduduk, tingkat pendidikan, jumlah jumlah tanggungan keluarga nelayan dan data lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Data yang diperoleh di analisis ini menggunakan rumus Biaya Tetap dan Biaya Variabel, Total Biaya. Standar deviasi dimanfaatkan untuk mengetahui serta memberikan gambaran tentang persebaran data rata-rata dan mengkategorikan biaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) harga pokok penjualan nelayan tangkap rata-rata Rp8.887 (2) Keuntungan nelayan tangkap gurita dengan alat tangkap ganco rata-rata Rp160,599/Trip.

Kata Kunci: Nelayan Gurita, Harga Pokok Penjualan, Keuntungan, Tomia

Biografi Penulis

Hursan Vasadhine, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesi (Hp.082293294509)

La Onu La Ola, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Akhmad Mansyur, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Abdullah, Universitas Halu Oleo

Jurusan Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Risfandi, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Roslindah Daeng Siang, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Referensi

Amimi. La Anadi, Nurdiana A (2018). Kajian Teknis dan Ekonomi Penangkapan Gurita Dengan Pancing Ulur di Desa Torombia Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. ISSN 2502-664X, hal 2-4.

Azamfirie R. (2020). The 2019 Novel Corona Virus : A Crown Jewel of Pandemic The Journal of Critical Care Medicine, 6(1):33-4

Bustami, B. & Nurlela. (2006). Akuntansi Biaya : Kajian Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Dyson. RG. (2004). Strategic Development and SWOT Analysis at The University of Warwick. Journal of Operation Research. 152:631-640.

Guard, M. & Y.D. Mgaya. (2002). The artisanal fishery for Octopus cyanea Gray in Tanzania. Ambio 31(7-8): 528-538.

Irnawati. (2018). Efisensi Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma cottoni sp) Di Desa Biangkeke Kecamatan Pajukukang Kabupaten Bantaeng.

La Ola, L. O. (2014). Efisiensi biaya produksi dan daya saing komoditi perikanan laut di Pasar Lokal dan Pasar Ekspor. Jurnal Bisnis Perikanan, 1(1), 39-50.

La Ola. L.O. (2011). Buku Pegangan Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Perikanan. Universitas Halu Oleo Kendari.

Efilia, M. (2014). Pengaruh Pendapatan Usaha dan Beban Operasional Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Kimia dan Keramik, Porselin & Kaca yang Terdaftar diBursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. e – Journal Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji .

Mulyadi. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Salemba Empat Jakarta

Ningsih, K. (2011). Analisis Saluran dan Margin Pemasaran. Skripsi. Fakultas Pertanian UI. Jakarta.

Nurdiansyah, Luthfian, Pramonowibowo, dan Fitri, A.D.P. (2015). Analisis Perbedaan Janis Umpan Terhadap Hasil Tangkapan Pada Pancing Gurita (Jigger) Di Perairan Karimunjawa, Jawa Tengah. Vol 4, No 4 hal 157.

Raisi, L, Nurdiana A. dan Riani,I. (2019). Analisis Keuntungan Nelayan Purse Seine Di Kecamatan Rumbia Tengah. Kabupaten Bombana, Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Fpik Uho.

Roger E. (2000). Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo.

Romimohtarto, K & Sri Juwana. (2007). Biologi Laut: Ilmu Pengetahuan tentang Biota Laut. Djambata. Jakarta.

Sati, R. A. S., & Ramaditya, B. B. A. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card.

Saputro, P. Argo, B.W, dan Rosyid A. (2014). Tingkat Pemanfaatan Perikanan Demersal di Perairan Kabupaten Rembang. Journal of Fisheries Resources Utilization Managemen and Technology, 3(2), 9-18.

Sawy, M., La Ola, l., O.dan Irdam, R. (2019). Kajian Produktivitas Dan Biaya Penangkapan Ikan Menggunakan Alat Tangkap Jaring Lingkar Di Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli Kota Kendari. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO, IAAN 2502-66X :4 (3).

Suminarsih (2003). Analisi Budidaya Rumput laut (Eucheuma cottonii) Di Perairan Pulau Takouw Kecamatan Tobelo Timur.

Toha, A.H.A., Jeni, N. Widodo, L. Hakim, & S.B. Sumitro. (2015). Gurita Octopus cyanea Raja Ampat. Konservasi Biodiversitas Raja Ampat 4(8): 4-8.

Wiyono. (2005). Peran dan Strategi Koperasi Perikanan dalam Menghadapi Tantangan Pengembalian TPI dan PPI di Indonesia Terutam di Pulau Jawa Makalah dalam Semiloka Internasional tentang Revialisasi Dinamis Pelabuhan Perikanan dan Perikanan Tangkap di Pulau Jawa dalam Pembangunan Perikanan Indonesia, Bogor

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

Vasadhine, H., La Ola, L. O., Mansyur, A., Abdullah, Risfandi, & Siang, R. D. (2023). Kajian bisnis perikanan tangkap gurita (Octopus sp.) dengan alat tangkap Ganco di Desa Waiiti Barat Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8(2), 85–94. Diambil dari https://jsep.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/17

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>