Analisis struktur pasar rumput laut di Kabupaten Buton Selatan

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsep.v8i3.3

Kata Kunci:

Struktur Pasar, Rumput Laut, Buton Selatan, Penentuan Harga, Hambatan Masuk Pasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar rumput laut. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Slovin dengan standar eror sebesar 10%. Metode analisis struktur pasar   rumput laut meliputi pangsa pasar,  hambatan keluar  masuk  pasar dan pengetahuan pasar rumput laut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar rumput laut yang ada di Kabupaten Buton Selata adalah pangsa pasar 2 pedagang pengumpul memiliki selisih 44% dari total penjualan, hambatan untuk masuk kepemasaran rumput laut cukup besar karena nilai MES diatas 10%. Penentuan harga rumput laut ditentukan oleh pedagang pengumpul kota yang sudah disesuaikan dengan harga penjualan rumput laut di Makassar. Oleh karena itu, praktek penentuan harga yang terjadi dalam pemasaran rumput laut tersebut mengarah kepada pasar oligopsoni.

Biografi Penulis

La Ode Kardianto, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, FPIK UHO, Indonesia

Sarinah, Universitas Halu Oleo

Universitas Halu Oleo: Kendari, South East Sulawesi, ID

Irdam Riani, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, UHO

Roslindah Daeng Siang, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Azwar Sidiq, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Referensi

Asmidar, La Ola, L., dan Riani, I. (2019). Kajian Sistem Pemasaran Komoditi Rumput Laut Pelaku Bisnis Di Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO, 4(2): 123-129.

Dewi, N., Yusri, J dan Jolanda Saputra A. (2017). Analisis Struktur Perilaku dan Kineja Pasar (Structure, Conduct and Market Performan) Komoditi padi di Desa Bunga Raya dan Desa Kemuning Muda Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak. Jurnal Agribisnis. Vol 19 No. 1 Juni.

Fausyana, I., Badriadi., Nalefo, L. (2020). Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Pasar Rumput Laut di Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Sosio Agribisnis (JSA). Vol 5. No 2. 50-61.

Firdaus, M., R. Oktaviani., Alla A dan sahara. (2008). Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Manufaktur di Indonesia. Working Paper. Departemen Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen. IPB. Bogor.

Gerald, E. T., dan Frischilla Pentury. (2017). Maksimasi Keuntungan Usaha Budidaya Rumput Laut di Desa Sathean. Jurnal Papalele. Vol 1. No 1. Hal 1-8.

Hajar Suryawati, S dan Mei Dwi E. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Rumput Laut di Kabupaten Buton Selatan. J. Sosek KP Vol. 12 No. 1 Juni 2017: 31-44

Hikmayani, Y., Apriliani, T., dan Zamroni A. (2007). Analisis Pemasaran Rumput Laut di Wilayah Potensial di Indonesia. Jurnal Bijak dan Riset Sosek KP.Vol 2. No 2. Hal 159-175.

Khafi Hamid, S. (2012). Analisis Efisiensi Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) di Kota Tual Provinsi Maluku. Jurnal Ilmiah agribisnis dan Perikanan. Vol 5 (1).

Ningsih, U. W., Hartono, B., dan Nugroho, E. (2017). Analisis Pemasaran Sapi Potong Melalui Analisis Marjin, Transmisi Harga, Struktur Pemasaran, Perilaku Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Ilmu Peternakan, 27(1), 1-11.

Riani, i., Patadjai, R.S., dan Bafadal, A. (2015). Nilai Tukar Petani Rumput Laut Di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Jurnal Bisnis Perikanan FPIK UHO 2(1): 31-44

Rizkyanti, A. (2010). Analisis Struktur Pasar Industri Karet dan Barang Karet Periode Tahun 2009. Media Ekonomi, 18(2): 1-19.

Slamet, A. S. H. T. (2018). Subtitusi Tepung Rumput Laut: Kajian Pemanfaatan Sumber Daya Rumput Laut dari Aspek Industri dan Kesehatan. Universittas Islam Sultan Agung. Vol XLIV no. 118.

Siang, R. D., & Nurdiana, A. (2010). Pengantar Ekonomi Perikanan. Unhalu-Press. Kendari

Soerjono, S. (2007). Sosiologi suatu pengantar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soekartawi. (2002). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. 134 hal.

Suardi. (2020). Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui Program Bantuan Alat Tangkap Bubu Rajungan di Desa Leppe Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Skripsi. Universitas Halu Oleo. Kendari

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV. Bandung

Sudrajat, A. (2008). Budidaya 23 Komoditas Laut Menguntungkan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sumina, Nurdiana A., dan Riani, I. (2021). Perbedaan Produksi Dan Kinerja Modal Dalam Usaha Budidaya Rumput Laut Antara Metode Rakit Di Pantai Bandar Batauga Kabupaten Buton Selatan Dan Metode Jalur Di Pantai Lakeba Kota Baubau. Jurnal Bisnis Perikanan FPIK UHO, 5(1): 40-49.

Diterbitkan

31-08-2023

Cara Mengutip

Kardianto, L. O., Sarinah, Riani, I., Siang, R. D., & Sidiq, A. (2023). Analisis struktur pasar rumput laut di Kabupaten Buton Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8(3), 127–132. https://doi.org/10.33772/jsep.v8i3.3

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>