Kajian aktivitas pedagang ikan di era new normal di Pasar Wowoli Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsep.v8i1.12

Kata Kunci:

Aktivitas Pedagang, Keuntungan Pedagang Ikan, New Normal, Pandemi Covid-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pedagang ikan di era new normal dan keuntungan yang diperoleh pedagang ikan pada era normal dan era new normal di Pasar Wowoli Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2021 pada saat pandemi Covid-19. Penentuan sampel menggunakan metode sensus berjumlah 15 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis keuntungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas pedagang ikan di era new normal meliputi persiapan sebelum berdagang, aktivitas saat di pasar, dan setelah berdagang sama dengan aktivitas pada era normal. Keseluruhan aktivitas pedagang ikan di era new normal dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker. Saat new normal aktivitas pedagang mulai pulih dimana penerapan protokol kesehatan tidak lagi diterapkan secara signifikan seperti mencuci tangan di air mengalir, menggunakan sarung tangan, menggunakan hand sanitaizer, cek suhu tubuh dan menjaga jarak. Rata-rata tingkat keuntungan pedagang ikan pada era normal dan era new normal berbeda. Pada era normal keuntungan Rp1.342.999/bulan keuntungan tersebut dipengaruhi oleh peningkatan jumlah kunjungan pembeli/masyarakat sedangkan pada era new normal keuntungan pedagang ikan sebesar Rp1.159.999/bulan dengan faktor yang mempengaruhi berkurangnya kunjungan masyarakat karena pandemi Covid-19.

Biografi Penulis

Rani Yovi Hartati, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Sjamsu Alam Lawelle, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Rosmawati, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Nurdiana A, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Roslindah Daeng Siang, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Referensi

Azimah, Riski Nor. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sosial Ekonomi Pedagang di Pasar Klateng dan Wonogiri. Jurnal Empati Ilmu Kesejahteraan Sosial. Vol.9(1) : 59-68.

Asriadin., La Onu, L.O dan Nurdiana, A. (2017). Analisis pendapatan Nelayan Sero di Desa Peropa Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO. 2(4): 209-218.

Farid, M. (2018). Aktivitas Pedagang Ikan Laut di Pasar Pabean Surabaya. Jurnal Bio Kultur. 7(1).

Irando, D., F. Frans. L., S. dan Yolanda, P., I., R. (2018). Analisis sUsaha Keuntungan Pia Melati di Kelurahan Mariai Kabupaten Sorong Papua Barat. Jurnal Trans Disiplin Pertanian. Vol. 14(3): 273-278.

Mafut, M. (2017). Analisis Keuntungan Usaha Produksi Ikan Asap pada Home Industry Khusnul Jaya Berkahdi Kota Samarinda. E-journal Administrasi Bisnis. Vol. 5(1): 230-241.

Mainah, N., Sarini, Y dan Nurdiana, A. (2017). Hubungan Patron-Klien dan Keuntungan Nelayan Rajungan (Portunus pelagicus) di Desa Pajala Kecamatan Maginti Kabupaten Muna Barat. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO. Vol. 2(2): 66-72.

Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH). Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan. Vol. 4(2): 126-150.

Naiu, A. S., Koniyo, Y., Nursinar, S., dan Kasim, F. (2018). Penanganan dan Pengolahan Hasil Perikanan. CV. Athra Samudra. Denpasar Bali.

Phan, Nguyen, L., al, e. (2020). Impor dan Transmisi Manusia ke Manusia pada Virus Corona Baru. Jurnal N Eng J med. Vietnam.

Rahardjo. (2008). Pengembngan Wilayah Konsep dan Teori. Graha Buku. Yogyakarta.

Soekartawi. (2005). Agribisnis Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung.

Sukirno. (2006). Makro Ekonomi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Siang, R.D. dan Nurdiana A. (2015). Struktur biaya dan profitabilitas usaha miniplant rajungan (Portunus pelagicus). Jurnal Bisnis Perikanan. Vol 2 No 1 Oktober 2015

Ujud, M.UZ, Onu, L.O. dan Nurdiana A. (2016). Analisis keuntungan usaha purse seine di PPS Kendari. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan. Vol 1 No 2 : 72-82.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2023

Cara Mengutip

Hartati, R. Y., Lawelle, S. A., Rosmawati, Nurdiana A, & Siang, R. D. (2023). Kajian aktivitas pedagang ikan di era new normal di Pasar Wowoli Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8(1), 55–66. https://doi.org/10.33772/jsep.v8i1.12

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>