Analisis keuntungan pelaku usaha kerang kalandue (Polymesoda erosa) pada ekosistem mangrove di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsep.v8i3.35

Kata Kunci:

Penerimaan, Keuntungan, Kerang Kalandue, Pelaku Usaha, Ekosistem Mangrove, Polymesoda erosa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui total biaya, penerimaan dan keuntungan pada penangkapan dan pemasaran kerang mangrove (Polymesoda erosa) di ekosistem mangrove. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan April 2022 di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari. Metode penarikan sampel yang digunakan yaitu metode sensus dengan jumlah responden 8 orang nelayan penangkap kerang mangrove. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis biaya, analisis penerimaan dan analisis keuntungan. Penangkapan kerang dilakukan oleh suami sedangkan istri nelayan bertanggung jawab untuk melakukan penjualan kerang.  Sebagian kecil hasil tangkapan diambil untuk konsumsi pribadi dan sebagian besar dijual. Jumlah tangkapan rata-rata perbulan adalah 276 kg.  Hasil analisis menunjukan bahwa rata-rata total biaya per bulan yang dikeluarkan sebesar Rp 488.150. Besaran rata-rata penerimaan per bulan adalah Rp1.381.875. Rata-rata keuntungan per bulan yang diperoleh sebesar Rp 876.100. Artinya penangkapan kerang mangrove pada ekosistem mangrove di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari menguntungkan.

Biografi Penulis

Firdaus, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Nurdiana A, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Wa Ode Piliana, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Rosmawati, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

La Onu La Ola, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Seventry Meliana Patiung, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Referensi

Astrid. (2018). Analisi Kandungan Gizi Jenis-Jenis Kerang yang Biasa Dikomsumsi Masyarakat Nembe Desa Oeseli Kecamatan Rote Ndawe Ntt. Jurnal Biotropika Sains, 15(2): 1-9.

Heriyanto, Yusuf, S dan A, N. (2017). Analisis Keuntungan Usaha Tambak Ikan Bandeng (Chanos chanos) di Desa Porara Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 2(2): 80-93.

La Ola, L.O. (2014). Efesiensi Biaya Produksi dan Daya Saing Komoditas Perikanan Laut di Pasar Lokal dan Pasar ekspor. Jurnal Bisnis Perikanan. 1(1): 39-50.

La Ola, L.O. (2017). Ekonomi Produksi Perikanan. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Latief N., Mahludin H.B., Asda R. (2021). Analisis Pendapatan Rumah Tangga Nelayan di Desa Bintalahe Kecamatan Kabila Bone. Jurnal Agrinesia 5(3): 169-175.

Mulyadi. (2009). Akutansi Biaya. STIE YKPN. Yogyakarta.

Nurmawati, Budiyanto, dan Irdam, R. (2021). Pendapatan dan Produktivitas Nelayan Tangkap Jaring Insang (Gilnet) di Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi. Jurnal Bisnis Perikanan FPIK UHO, 5(1): 50-59.

Ondu1,A.F., Azizi.E.J., dan Sunarsih. (2019). Efektifitas Citrus Aurantifolia Swingle dan Averrhoa Bilimbi Dalam Menurunkan Konsentrasi Timbal pada Kerang Kalandue (Polymesoda Sp) dari Teluk Kendari. Jurnal hygiene. Stikes Mandala Waluya, Kendari. Volume (5)1: 1-13

Pasaribu, A.M., Yusuf, D., dan Amiluddin. (2005). Perencanaan dan Evaluasi Proyek Perikanan. Lephas (Hasannudin University Press). Makasar.

Piliana, W.O., Rosmawati dan Nurdiana, A. (2021). Analisis Kelayakan Usaha Pengasapan Ikan di Kelurahan Wasolangka Kecamatan Parigi Kabupaten Muna. Jurnal Bisnis Perikanan FPIK UHO, 5(1): 31-39.

Rugayah dan Suhardjono. (2017). Keanekaragaman Tumbuhan Mangrove di Pulau Sepanjang Jawa Timur. Jurnal Biodiersitas, 8(2): 130-134.

Siang, R. D., & Nurdiana A. (2011). Pengantar Ekonomi Perikanan. Unhalu Press. Kendari

Soekartawi. (2002). Konsep Agribisnis Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Soekartawi. (2006). Analisis Usahatani. Universitas Indonesia. Jakarta.

Suratiyah, K. (2015). Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Tefarani, R., Nana, K.T., dan Sry N. (2019). Keanekaragaman Spesies Mangrove dan Zonasi di Wilayah Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Jurnal Life Science, 8(1): 41-53

Wardhani, R.K. (2012). Analisis Usaha Alat Tangkap Cantrang (Boat Seine) di Pelabuhan perikanan Pantai Tawang kabupaten Kendal. Jurnal Of Fisheries utilization Management and Techonology, 1(1): 67-76.

Waluyo, B. P., Mareta, Z., Rukmana, A. Y., Harto, B., Widayati, T., Haryadi, R. M., ... & Rahwana, K. A. (2023). Studi Kelayakan Bisnis. Global Eksekutif Teknologi.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2023

Cara Mengutip

Firdaus, Nurdiana A, Piliana, W. O., Rosmawati, La Ola, L. O., & Patiung, S. M. (2023). Analisis keuntungan pelaku usaha kerang kalandue (Polymesoda erosa) pada ekosistem mangrove di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari . Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8(3), 189–196. https://doi.org/10.33772/jsep.v8i3.35

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>