Hubungan antara penerapan digital marketing dengan volume penjualan usaha pengolahan bakso ikan di Kota Kendari

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsep.v9i3.110

Kata Kunci:

digital marketing, volume penjualan, bakso ikan

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara pada bulan Juni sampai Juli 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan digital marketing dengan volume penjualan usaha pengolahan Bakso Ikan di Kota Kendari. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha pengolahan bakso ikan. Penentuan sampel menggunakan metode sensus sehingga responden berjumlah 13 orang. Data diperoleh melalui wawancara berdasarkan kuesioner. Data yang dikumpulkan berupa jumlah platform/media digital marketing yang digunakan, dan volume penjualan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa antara variabel penerapan digital marketing (X) dan variabel volume penjualan (Y) memiliki nilai koefisien korelasi yaitu 0,891 yang berarti kedua variabel berkorelasi tinggi. Hal ini menunjukkan semakin tinggi penerapan digital marketing maka volume penjualan usaha pengolahan Bakso Ikan di Kota Kendari akan semakin meningkat.

Biografi Penulis

Yuliana, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Budiyanto, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Wa Ode Piliana, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Roslindah Daeng Siang, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Andi Besse Patadjai, Universitas Halu Oleo

Jurusan/Program Studi Teknologi Hasil Perikanan FPIK Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Desy Sriwulan, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Referensi

Abdul, M.K., Nurdiana, M., dan Wiwin, S. 2018. Model Pemasaran Digital Marketing FB_Ads dan Email Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Ilmu Manajemen. 5(2).

Ayuni, Q., Hafied, C., dan Arianto. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. 23(2).

Dedy, P., Rahmi, R. dan Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1(1):1-17.

Hardi, S., Budiyanto dan Siang, R.D. 2017. Analisis Keuntungan dan Strategi Pengembangan Usaha Lobster (Panulirus spp.) pada CV. Sea Queen Kota Kendari.

Siang, R.D., Desy, S. dan Risfandi. 2017. Pemasaran Abon Ikan di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Bisnis Perikanan FPIK UHO.4(2).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV. Bandung.

Suwamba, I.D.K. 2008. Proses Pemindangan dengan Mempergunakan Garam dengan Konsentrasi yang Berbeda. Denpasar.

Trio, F.M. dan Debby, A. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Masyarakat Ekonomi Asean. Manajemen Dewantara.1(2).

Usman, H. dan Purnomo, S.A. 2006. Pengantar Statistika. Bumi Aksara. Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Yuliana, Budiyanto, Piliana, W. O., Siang, R. D., Patadjai, A. B., & Sriwulan, D. (2024). Hubungan antara penerapan digital marketing dengan volume penjualan usaha pengolahan bakso ikan di Kota Kendari. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 9(3), 243–248. https://doi.org/10.33772/jsep.v9i3.110

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>