Analisis saluran pemasaran ikan teri kering Di Desa Tanjung Pinang Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat
DOI:
https://doi.org/10.33772/jsep.v9i3.57Kata Kunci:
ikan teri kering, margin, penjualan, saluran pemasaranAbstrak
Penelitian ini dilakukan di Desa Tanjung Pinang Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat selama bulan Januari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, besaran harga pokok penjualan, margin pemasaran dan keuntungan ikan teri kering. Populasi penelitian ini adalah pedagang ikan teri kering berjumlah 6 orang. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode sensus. Jumlah sampel pedagang yang digunakan sebanyak 6 orang. Variabel yang diamati seperti volume penjualan, harga beli, harga jual dan biaya pemasaran. Analisis data yang digunakan adalah saluran pemasaran yang dianalisis secara deskriptif, harga pokok penjualan dihitung menggunakan rumus HPP = TC/Q sedangkan margin pemasaran dihitung menggunakan persamaan M = He – Hp serta keuntungan π = TR-TC. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 pola saluran pemasaran ikan teri kering yaitu saluran I dari produsen ke pelaku pemasaran I/pengecer kemudian ke konsumen sedangkan saluran II dari produsen ke pelaku pemasaran II/pengumpul kemudian ke pedagang antar pulau. Harga pokok penjualan ikan teri kering pada pelaku pemasaran I/pengecer lebih rendah dibanding pada pelaku pemasaran II/pengumpul lebih tinggi. Margin pemasaran pada saluran I dari produsen ke pelaku pemasaran I/pengecer sampai pada konsumen memiliki margin lebih rendah sedangkan saluran pemasaran II dari produsen ke pelaku pemasaran II/pengumpul kemudian ke pedagang antar pulau lebih tinggi. Keuntungan pelaku pemasaran pada pelaku pemasaran I/pengecer lebih rendah dan keuntungan pelaku pemasaran pada pelaku pemasaran II/pengumpul lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Desa Tanjung Pinang Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat dapat disimpulkan bahwa saluran pemasaran II lebih menguntungkan dibandingkan dengan saluran pemasaran I.
Referensi
Apriono, D., & Eva Dolorosa, I. (2014). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Lele Di Desa Rasau Jaya 1 Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Social Economic of Agriculture, 1(3).
Arbi, M., Thirtawati, T., & Junaidi, Y. (2018). Analisis saluran dan tingkat efisiensi pemasaran beras semi organik di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 11(1), 22-32.
Heruwati E.S. 2002. Pengelolaan ikan secara tradisional. Pusat Riset Pengolahan, Produk dan Sosial. Ekonomi Kelautan dan Perikanan.
Kotler, P. 2009. Manajemen pemasaran. Edisi ketiga belas. Penerbit Erlangga. Jakarta.
La Ola, L. O. 2015. Materi Perkuliahan Ekonomi Perikanan Agribisnis Perikanan . Universitas Haluoleo Kendari.
Laisa, D. D., Sayekti, W. D., & Nugraha, A. (2013). Analisis harga pokok produksi dan strategi pengembangan industri pengolahan ikan teri nasi kering di Pulau Pasaran Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 1(2).
Lilimantik, E., & Sari, K. Lembaga Pemasaran Ikan Teri Kering (Stolephorus Indicus) Di Desa Tanjung Lalak Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. EnviroScienteae, 18(3), 1-7.
Marfiada. 2010. Pembiayaan agribisnis. Universitas Halu Oleo. Kendari.
Nasution, Y. S., Bathara, L., & Hamid, H. (2015). Margin Pemasaran Ikan Teri Nasi (Stolephorus commersonii) di Kelurahan Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Online Mahasiswa, 2(1), 1-9.
Nurmalasari, L., Restu, I. W., Negara, I. K. W., & Sudana, I. W. (2021). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Teri (Stolephorus sp.) di Desa Sanggalangit, Kabupaten Buleleng. Current Trends in Aquatic Science, 26-32.
Pebriyani, D. (2016). Peran Ganda Istri Nelayan dan Kontribusinya terhadap Pendapatan Keluarga (Kasus: Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Rahim, Abd dan R. Reno Dwi Hastuti. 2007. Ekonomi pertanian, pengantar teori dan kasu : Penerbit Swadaya
Siang, R. D., & Nurdiana, A. (2010). Pengantar Ekonomi Perikanan. Unhalu-Press. Kendari.
Soekarwati. (1993). Manajemen pemasaran hasil pertanian, teori dan aplikasinya. CV Rajawali. Jakarta.
Soekarwati. (1995). Analisis usahatani. UI-Press. Jakarta.
Sudana, I. W. (2019). Analisis efisiensi pemasaran ikan teri segar hasil tangkapan nelayan di Desa Sanggalangit Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 637-648.
Wahyurini, E. T. (2017). Analisis perilaku konsumen dalam pembelian Teri Krispi Di Kabupaten Pamekasan Madura. Agromix 8 (2), 1–6
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 fitri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan (JSEP) dilisensikan di bawah lisensi (CC Attribution 4.0). Pengguna bebas untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.