Strategi pemasaran produk olahan ikan asin (studi kasus usaha ikan asin ibu Muriah di Desa Tapuhahi Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara)
DOI:
https://doi.org/10.33772/jsepi.v7i1.184Kata Kunci:
Kabupaten Bombana, Ikan Asin, Strategi PemasaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk olahan ikan asin. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan dilaksanakan di Desa Tapuhahi Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara selama periode bulan Februari 2020. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, kusioner, dokumentasi dan studi literatur. Data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk olahan ikan asin Ibu Muriah yaitu: tidakmenggunakan bahan pengawet berbahaya; memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi; mendaftarkan merek produknya di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM); memanfaatkan bahan baku dengan baik; memanfaatkan tempat penjemuran; meningkatkan kualitas ikan asin yang rentan persaingan; mengoptimalkan pembuatan ikan asin karena musim hujan menghambat proses produksi ikan asin; memilih lokasi yang strategis; melakukan kegiatan romosi dimedia cetak dan elektronik.
Referensi
Badan Pusat Statistik Kabupaten Bombana. (2019). Kabupaten Bombana dalam Angka (Bombana Regency in Figures). Kasipute. Kabupaten Bombana.
Durianto, D., Sugiarto dan Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.
Effendi, I dan W. Oktariza. 2006. Manajemen Agribisnis Perikanan. Penebar Swadaya. Jakarta.
FAO (Food and Agriculture Organization of the United Nation.2004. Standard ForSalted Atlantic Herring And Salted Spart. Codex Stan 244-2004. Rome (IT). FAO.
Latiro, L. K., Budiyanto & Lawelle, S. A. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Olahan Ikan Cakalang Asap (Studi Kasus Cv. Ome Trd Coy di PPS Kendari Kelurahan Puday Kecamatan Abeli Kota Kendari). Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 4(3).
Liu, A. H., & Leach, M. P. (2001). Developing loyal customers with a value-adding sales force: Examining customer satisfaction and the perceived credibility of consultative salespeople. Journal of Personal Selling & Sales Management, 21(2), 147-156.
Noor, H. F. (2010). Ekonomi Media.RajawaliPers.Jakarta.
Nyoman, S. (2007). Perikanan. SIC. Surabaya.
Omolara TE. (2015). Effects of salting anddrying on quality attributes of snoel (Thyrsitesatun) [Tesis]. Stellenbosch University. South Afrika.
Pertiwi, P. M. La Ola, L. O dan Rosmawati. (2018). Strategi Pemasaran Ikan Asin (Studi Kasus pada Kelompok Usaha Bajo Indah Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli. Kota Kendari. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO. Vol. 3(2).
Sarfan, Budiyanto & Lawelle, S. A. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Ikan Hidup (Studi Kasus UD. Kamase) Kota Kendari. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO. Vol.5(3).
Semaun, S. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Merek Perdagangan Barang Dan Jasa. Jurnal Hukum diktum.vol. 14(1)
Soejono, D. (2008). Pola Pengembangan Agroindustri Berbasis Perikanan Laut di Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Solihin, I. (2012). Manajemen Strategik. Erlangga. Jakarta.
Sri, E. S., Bambang, P. N dan Muhammad S. (201)8. Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. Jurnal Manajemen IKM. Vol. 13(1).
Suherman, Budi. (2000). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. BPFE. Yokyakarta.
Undang-Undang Nomor.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Yarni, W. O., Asis, N., & Riani, I. (2019.) Analisis Kelayakan Usaha Pengumpul Ikan Teri (Stolephorus sp.) Kering di Desa Lambangi Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 4(4).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Inra Lukmana, Budiyanto, Rosmawati (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan (JSEP) dilisensikan di bawah lisensi (CC Attribution 4.0). Pengguna bebas untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.