Tipe dan proporsi saluran pemasaran komoditi ikan Kakap Merah (Lutjanus spp) pada Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari
DOI:
https://doi.org/10.33772/jsep.v10i1.120Kata Kunci:
market objectives, types of marketing channels, proportion of marketing volumeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pangsa pasar dan tipe saluran pemasaran, serta proporsi volume pemasaran komoditi ikan kakap merah (Lutjanus spp) di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Febuari 2014. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data penelitian di peroleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan nominal dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada PPS Kendari terdapat tiga pasar yaitu lokal, domestik, dan ekspor. Pasar lokal memiliki dua tipe saluran pemasaran, sedangkan pasar domestik dan ekspor hanya terdapat satu tipe saluran pemasaran. Proporsi volume pemasaran pasar lokal tertinggi berada pada tipe saluran I dengan nilai sebesar 69% dan terendah di tipe saluran II dengan nilai sebesar 31%. Proporsi volume pemasaran komoditi ikan kakap merah lebih banyak dipasarkan pada pasar lokal dan domestik, sedangkan untuk pasar ekspor memiliki jumlah pemasaran komoditi yang lebih sedikit. Nilai proporsi volume pemasaran ikan kakap merah terbanyak dalam periode 2016-2020 terdapat di pasar lokal dan domestik sebesar 38%, sedangkan pada pasar ekspor sebesar 24%.
Referensi
Dwiyitno, D. (2010). pathogenic bacteria, fish, DNA molecular, PCR. Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Postharvest and Biotechnology, 5(2), 67. https://doi.org/10.15578/squalen.v5i2.49
Ernaningsih, E., Jamal, M., Hasnidar, H., Asni, A., & Kamawati, K. (2024). KARAKTERISTIK BIOLOGIS IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus gibbus) YANG TERTANGKAP DI KEPULAUAN SPERMONDE SULAWESI SELATAN. BAWAL Widya Riset Perikanan Tangkap, 15(3), 163. https://doi.org/10.15578/bawal.15.3.2023.163-171
Firmansyah, R. I., Kepel, R. C., Darwisito, S., O S E, M. R., Modaso, V. O. J., Sumilat, D. A., & L, U. S. (2020). Strategi Pengembangan Tempat Pemasaran Ikan (TPI) Higienis Di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung. Ilmiah Platax, 8(2), 159–166.
L, I. A., & Pramulya, R. (2022). Analisis Saluran Pemasaran Perikanan Tangkap Di Kecamatan Samatiga. Jambura Agribusiness Journal, 3(2), 69–75. https://doi.org/10.37046/jaj.v3i2.13414
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Marlina, E., & Ruhiat, D. (2018). Penerapan Sub Pokok Fungsi Pada Matematika Ekonomi Terhadap Fungsi Permintaan Dan Fungsi Penawaran. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(2), 90–96. http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/AKURAT
Nansi, R., M., Arbintarso, E., S., & Rahayu, S., S. (2023). (2019). Analisis dampak pemasaran online terhadap peningkatan penjualan dan rasio-rasio keuangan (Studi kasus pada UMKM Tahu sehat MAS KHALE, Seyegan-Sleman). Concept and Communication, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009
Pangestu, W. (2015). Analisis Kinerja Keuangan Usaha Tahu – Tempe “Wenwin” di Desa Sea Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Cocos, 6(2), 78–103.
Putri, A. S., Solihin, I., & Wiyono, E. S. (2018). Strategi Optimalisasi Fungsi Pelabuhan Perikanan Dalam Pemasaran Hasil Tangkapan Di Ppp Lempasing. ALBACORE Jurnal Penelitian Perikanan Laut, 1(2), 171–183. https://doi.org/10.29244/core.1.2.171-183
Rahmawati, W., Suryono, A., & Siswidiyanto. (2014). Pengembangan Pelabuhan Perikanan Dalam Rencana Penyerapan Tenaga Kerja Masyarakat Pesisir (Studi Pada Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan)). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(2), 367–373.
Rusmini, M. ., Cahyono, D. N., Putri, K., Izza Afkarina, Aprilia, P., Taufiq, A., Lestari, D. P., Silvia, K. J., Misrul, & Firmanda, B. A. (2023). Bangkitnya Perekonomian Indonesia Pasca Covid-19. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(1), 59–75. https://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/IAB/article/view/1327/952
Samida, Anadi, L., & Abdullah. (2018). Analisis Pendapatan Usaha Purse Seine di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Manajemen Sumber Daya Perairan, 3(2): 125-134 Analisis, 3(2), 125–134.
Siswanty, I., & Ratnasari, D. (2021). Pemenuhan Gizi Lewat Konsumsi Dan Jenis Tangkapan Ikan Di Daerah Nelayan Kodeoha Sulawesi Tenggara. Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, 3(3), 105–108. https://doi.org/10.31970/ma.v3i3.85
Susilawati. (2019). Analisis pemasaran ikan dalam meningkatkan pendapatan nelayan di Kabupaten Bengkalis. Analisis Pemasaran Ikan Dalam Meningkatkan Pendapatan Nelayan Di Kabupaten Bengkalis (Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam), 8(1), 65–76.
Vol, J. A., & No, I. V. (2013). Crostini. An A-Z of Food and Drink, IV(2), 141–148. https://doi.org/10.1093/acref/9780192803511.013.0376
Wahyuningsih, Prihatiningsih, & Ernawati, T. (2013). Parameter Populasi Ikan Kakap Merah ( Lutjanus malabaricus ) Di Perairan Laut Jawa Bagian Timur Population Parameters Of Red Snapper ( Lutjanus malabaricus ) In Eastern Java Sea. Bawal, 5(3), 175–179.
Yuliartini, N. P. R., & Dimaswari, N. P. M. (2021). Keuntungan Dan Kerugian Kerjasama Indonesia-Jepang Melalui Indonesia Japan Economic Partnership Agreement Dalam Mengekspor Ikan Tuna Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 844–853. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Kurniawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan (JSEP) dilisensikan di bawah lisensi (CC Attribution 4.0). Pengguna bebas untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.