Preferensi konsumen ikan cakalang di Kelurahan Sodohoa Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsepi.v7i1.183

Kata Kunci:

Analisis Konjoin, Ikan Cakalang, Preferensi Konsumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap keinginan konsumen Ikan Cakalang di Kelurahan Sodohoa Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari pada Bulan Januari Tahun 2022. Metode yang digunakan adalah accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 sampel. Variabel yang diamati antara lain ukuran ikan, harga, warna, kebersihan, dan tektur ikan cakalang. Analisis data yang digunakan adalah analisis Konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi preferensi konsumen Ikan Cakalang yaitu yang berharga murah, berwarna cerah, bertekstur kaku,  bersih, dengan ukuran 1 ekor ikan/3 kg.

Biografi Penulis

Rikal Ma'ruf, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Budiyanto, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Akhmad Mansyur, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

Referensi

Azani, E.E., Jum’atri, Y., dan Fajar, R. (2019). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Keripik Nanas Produksi Desa Kualu Nanas di Kota Pekanbaru. SEPA. 16(1): 54-65.

Ekasari, D., I Ketut, S., dan Lita, A.D.Y.M. (2017). Uji Mutu Ikan Cakalang (Katsuwonnus pelamis) dan IkanTongkol (Euthynnusaffinis) Segar di TPI Tumumpa Selama Penyimpanan Dingin. Jurnal Media Teknologi Hasil Perikanan. 5(2): 134-141.

Endah, E.O. (2011). Analisis Perilaku Konsumen dalam Membeli Ikan Lele di Pasar Tradisional Kabupaten Boyolali. Skrispi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Helviani, Sitti, A.A.T., Azhar, B., dan Budiyanto. (2018). Preferensi Konsumen Sagu di Kota Kendari. Jurnal Sosio Agribisnis. 3(1): 16-29.

Karuniawati, T., Arif, S., dan Lilik, N.Y. (2017). Analisis Pembelian Ikan Segar dan Ikan Olahan pada Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja. Jurnal Ilmu Kelautan dan Konsumen. 10(1): 59-70.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid I. Prehallindo. Jakarta.

Santoso, S. 2012. Aplikasi SPSS padaStatistikMultivariat. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Wahyuni, T., Nurliza, dan Dewi, K. 2017. Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kerupuk Ikan di Kota Sintang. Journal Social Economic of Agriculture. 6(1): 101-108.

Wantimpres. (2017). Potensi Perikanan Indonesia. Dewan Pertimbangan Agung Presiden. Jakarta.

Winarni, T., Swastawati, F., Darmanto, Y.S., dan Dewi, E.N. (2003). Uji Mutu Terpadu pada Beberapa Spesies Ikan dan Produk Perikanan di Indonesia. Laporan Akhir Hibah Bersaing XI Perguruan Tinggi. Universitas Diponegoro Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

01-02-2022

Cara Mengutip

Ma’ruf, R., Budiyanto, & Mansyur, A. (2022). Preferensi konsumen ikan cakalang di Kelurahan Sodohoa Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari . Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 7(1), 45–52. https://doi.org/10.33772/jsepi.v7i1.183

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>