Types and proportions of vannamei shrimp (Litopeneus vannamei) commodity marketing channels at Kendari Ocean Fisheries Port

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsep.v9i4.127

Kata Kunci:

Saluran Pemasaran, Pelabuhan Perikanan Samudera, Litopenaeus vannamei, Pendapatan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe dan tujuan saluran pemasaran, mengetahui proporsi saluran pemasaran udang vaname di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara langsung, dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode penarikan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan persentase pada analisis proporsi pemasaran. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tipe saluran pemasaran saluran tidak langsung, karena melalui perantara perusahaan cabang dan pusat PT. Yanagi histalaraya, sedangkan tujuan pasar yaitu pasar domestik dan ekspor. Proporsi volume distribusi lebih besar pada pasar domestik dibandingkan pada pasar ekspor. Proporsi tipe pemasaran pasar domestik tertinggi pada tahun 2016 sedangkan terendah pada tahun 2020 dengan tidak adanya pendistribusian sama sekali. Untuk proporsi pada tipe pasar ekspor tertinggi pada tahun 2017 dan terendah pada tahun 2018 sampai 2020 dengan tidak ada pendistribusian sama sekali.

Biografi Penulis

Kitri Warda Yani, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Roslindah Daeng Siang, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Andi Irwan Nur, Universitas Halu Oleo

Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Referensi

Alimina, N. et al. (2022) ‘Pelatihan Penanganan Hasil Tangkapan Bagi Nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari’, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), pp. 129–134. Available at: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2312.

Annisa, I., Asmarantaka, R.W. and Nurmalina, R. (2018) ‘Efisiensi Pemasaran Bawang Merah (Kasus: Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah)’, Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), p. 254. Available at: https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i2.005.

Darwin, -, Ola, L.O. La and Piliana, W.O. (2020) ‘Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Udang Vaname Di Desa Mulaeno Kecamatan Poleang Tenggah Kabupaten Bombana’, Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 5(1), pp. 35–48. Available at: https://doi.org/10.33772/jsep.v5i1.13015.

Fa’izah, L., Oktawati, N.O. and Fitriyana, H. (2021) ‘Analisis pemasaran udang putih (Litopenaeus vannamei) di Desa Kuala Samboja, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara’, Jurnal Pembangunan Perikanan dan Agribisnis, 8(1), pp. 101–112.

Guslan, A. (2016) ‘Analisis Strategi Saluran Pemasaran Usaha Budidaya Udang Windu di Desa Pegat Batumbuk Kecamatan Pulau Derawan Kabupaten Berau’, eJournal Administrasi Bisnis, 4(4), pp. 975–989.

Kurniawansyah, K., Rahman, I. and Saupiat, S. (2021) ‘Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Hasil Tambak Udang Tradisional (Studi Pada Tambak Udang Tradisional di Desa Labuhan Alas)’, Samalewa: Jurnal Riset & Kajian Manajemen, 1(2), pp. 238–246. Available at: https://doi.org/10.58406/samalewa.v1i2.478.

Pattola, E.V., Ola, L.O. La and Piliana, W.O. (2019) ‘Analisis Rantai Pemasaran Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Beku (Studi Kasus PT. Yanagi Histalaraya PPS Kendari)’, Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO, 4(2), pp. 161–169. Available at: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JSEP/article/view/8402/6158.

Ramli, F., Walinono, A.R. and Abdullah, A. (2022) ‘Strategi pemasaran udang Vaname (Litopenaeus vannamei) studi kasus di PT. Gosyen Global Aquaculture Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan’, Prosiding Seminar Nasional Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, 3(September), pp. 193–204. Available at: https://doi.org/10.51978/proppnp.v3i1.262.

Rosyidah, L., Yusuf, R. and Deswati, R.H. (2020) ‘Profil Budidaya Serta Kelembagaan Sistem Distribusi Udang Vaname di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur’, Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 6(1), p. 51. Available at: https://doi.org/10.15578/marina.v6i1.8540.

Sugiyono, S. (2018) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Available at: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&cluster=17635245317355822487.

Syahputra, I., Susanti, E. and Hakim, L. (2018) ‘Strategi Rantai Pasok Udang Vaname Pada PT. Aryazzka Indoputra Kabupaten Aceh Besar’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 3(4), pp. 342–354. Available at: https://doi.org/10.17969/jimfp.v3i4.9492.

Ta, A.C. et al. (2001) ‘Pemeliharaan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) dengan Persentase Pemberian Pakan yang Berbeda’, 20, pp. 1–10.

Wachdijono, W. and Jaeroni, A. (2021) ‘Pemasaran Kopi Pada Era Ke Tiga Di Kabupaten Kuningan’, Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), p. 1295. Available at: https://doi.org/10.25157/ma.v7i2.5235.

Yulianingsih, T. et al. (2020) ‘Kajian produks budidaya udang vaname di Kabupaten Kolaka’, Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 7(November 2022), pp. 223–232. Available at: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JSEP.

Zamroni, A. et al. (2021) ‘Rantai Pasok dan Logistik Udang Vaname di Daerah Produksi di Indonesia Supply Chain and Logistic of Vannamei Shrimp In Production Areas of Indonesia’, Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 16(2), pp. 163–178. Available at: http://dx.doi.org/10.15578/jsekp.v15i2.9495.

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2024

Cara Mengutip

Yani, K. W., Siang, R. D., & Nur, A. I. (2024). Types and proportions of vannamei shrimp (Litopeneus vannamei) commodity marketing channels at Kendari Ocean Fisheries Port. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 9(4), 429–438. https://doi.org/10.33772/jsep.v9i4.127

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>