Sistem komunikasi pemasaran dalam upaya meningkatkan pengguna wisata naya matahora island resort di Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi
DOI:
https://doi.org/10.33772/jsepi.v7i2.169Kata Kunci:
Naya Matahora, Sistem Komunikasi Pemasaran, PromosiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem komunikasi pemasaran dalam upaya meningkatkan pengguna wisata Naya Matahora Island Resort di KecamatanWangi-Wangi KabupatenWakatobi. Penelitian ini dilaksanakan di Naya Matahora Island Resort pada Bulan Januari – Februari 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Metode yang digunakan dalam penentuan responden yaitu secara sengaja dan secara tidak sengaja. Jumlah sampel sebanyak 16 orang, terdiri dari pengelola wisata 1 orang, pengguna wisata 10 orang dan calon pengguna wisata 5 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sistem komunikasi yang dilakukan untuk memasarkan wisata Naya Matahora Island Resort adalah dengan memanfaatkan bauran promosi seperti periklanan (adversiting) melalui media sosial (instagram) dan brosur yang ditawarkan kepada dinas pemerintah, promosi penjualan(sales promotion) dengan memberikan harga promo dan penjualan langsung (direct selling). Namun, sistem komunikasi promosi yang dilakukan melalui media sosial kurang optimal sehingga tidak berpengaruh terhadap peningkatan pengguna wisata. Peningkatan jumlah pengguna dari 155 orang menjadi 534 orang didominasi oleh pengguna wisata lokal yang hanya terarik untuk menggunakan kolam renang dan menikmati makanan di restoran Naya Matahora. Untuk meningkatkan pengguna wisata sebaiknya pihak pengelola mempromosikan wisatanya menggunakan media sosial, agar pemasaran wisata dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
Referensi
Baskara, I. B. (2008). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Jurnal Manajemen Bisnis 5 (2).
Bogdan & Taylor. (2012). Prosedur Penelitian dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Effendy, O.U. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cet. 21. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Emor, R. Y & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu. Jurnal EMBA. Jurna Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3 (2).
Kasali, Rhenald. (2011). Membidik Pasar Indonesia : Segmentasi, Targeting dan Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler dan Keller. (2009). Marketing Management Edisi 14. Global Edition. New Jersey: Pearson Education.
Lontoh, J. K, Tumbel, A. L & Kawet, R. C. (2020). Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 8 (4).
Oktaviani, F. W. & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan 17 (1) : 13 – 27.
Priansa, D. J. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogayakarta : Andi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Risnawati, Sjamsu Alam Lawelle, Akhmad Mansyur (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan (JSEP) dilisensikan di bawah lisensi (CC Attribution 4.0). Pengguna bebas untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.