Sistem pemasaran dan bagi hasil pada crew kapal pancing ulur (hand line) kota kendari

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33772/jsep.v9i2.58

Kata Kunci:

Bagi Hasil, Hand Line, Pemasaran, Tuna

Abstrak

Pancing ulur merupakan alat tangkap yang umum digunakan untuk menangkap ikan cakalang dan tuna sirip kuning. Sistem pemasaran dan pembagian hasil diduga mempengaruhi tingkat kesejahteraan anak buah kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran dan sbagi hasil yang dilakukan nelayan pancing ulur yang berada di Kota Kendari (Hand line) pada bulan Maret 2022. Sample penelitian terdiri dari 3 responden nelayan pemilik kapal yang dipilih dengan metode purposif sampling Ketiga kapal tersebut adalah KM KRS 01 dengan kapasitas 20 GT, KM Armadana 5 GT dan KM Cahaya Saindo 9 GT. Data diperoleh melalui wawancara menggunakan kuisioner terstruktur. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik kapal memasarkan ikan melalui pedagang pengumpul, kemudian pedagang pengumpul ke pedagang pengecer atau perusahaan. Penghasilan ketiga kapal dalam sekali melaut berbeda-beda. jumlah penghasilan sekali melaut pada KM KRS 01 adalah Rp32.500.000, KM Armadana sebesar Rp18.500.00 dan KM Cahaya Saindo sebesar Rp18.000.000. Pemilik kapal dalam penelitian ini sekaligus sebagai nakhkoda. Pemilik kapal mendapat bagian yang sama dengan anak buah kapal yaitu masing–masing 50% dari total hasil tangkapan. Nahkoda juga mendapatkan pembagian dari bagian anak buah kapal dengan pembagian yang merata diantara semua anak buah kapal tanpa memperhatikan jenis pekerjaan dan jenjang kepangkatan dalam kapal. Sistem pemasaran dan bagi hasil dalam penelitian ini lebih menguntungkan pemilik kapal sehingga diperlukan perbaikan dengan memperpendek rantai pasok dan sistem bagi hasil yang lebih adil.

Biografi Penulis

Sa'adilal Mursiq, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan FPIK UHO

Sarini Yusuf, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Irdam Riani, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Ermayanti Ishak, Universitas Halu Oleo

Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Hasnia Arami, Universitas Halu Oleo

Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia

Desy Sriwulan, Universitas Halu Oleo

Jurusan Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Referensi

Puspito, G. (2009). Pancing. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.

Raisi, La. Nurdiana A. Irdam Riani. (2019). Analisis Keuntungan Usaha Nelayan Purse Seine di Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana.Sosial Ekonomi Perikanan. Hal 53. Skripsi. FPIK UHO.

Sarwanto, C., Wiyono, E. S., Nurani, T. W., & Haluan, J. (2014). Kajian sistem pemasaran ikan hasil tangkapan nelayan di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 9(2), 207-217.

Tambunan, T. (2008). Ukuran Daya Saing Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Paper Disampaikan Dalam Rangka Penyusunan Background Studi RPJM Nasional 2010-2014 Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM. Kamar Dagang dan Industri. Jakarta.

Ujud, M,U. Onu, L. Nurdiana. (2016). Analisis Keuntungan Usaha Purse Seine di PPS Kendari. Jurnal Sosial Ekonomi FPIK UHO.

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 45 Tahun 2009 Tentang Perikanan Pasal 1

Widihastuti, R., & Rosyidah, L. (2018). Sistem bagi hasil pada usaha perikanan tangkap di Kepulauan Aru. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 8(1), 63-75.

Diterbitkan

31-05-2024

Cara Mengutip

Mursiq, S., Yusuf, S., Riani, I., Ishak, E., Arami, H., & Sriwulan, D. (2024). Sistem pemasaran dan bagi hasil pada crew kapal pancing ulur (hand line) kota kendari. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 9(2), 113–120. https://doi.org/10.33772/jsep.v9i2.58

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>