Hubungan antara penerapan digital marketing dengan volume penjualan usaha pengolahan bakso ikan di Kota Kendari
DOI:
https://doi.org/10.33772/jsep.v9i3.110Kata Kunci:
digital marketing, volume penjualan, bakso ikanAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara pada bulan Juni sampai Juli 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan digital marketing dengan volume penjualan usaha pengolahan Bakso Ikan di Kota Kendari. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha pengolahan bakso ikan. Penentuan sampel menggunakan metode sensus sehingga responden berjumlah 13 orang. Data diperoleh melalui wawancara berdasarkan kuesioner. Data yang dikumpulkan berupa jumlah platform/media digital marketing yang digunakan, dan volume penjualan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa antara variabel penerapan digital marketing (X) dan variabel volume penjualan (Y) memiliki nilai koefisien korelasi yaitu 0,891 yang berarti kedua variabel berkorelasi tinggi. Hal ini menunjukkan semakin tinggi penerapan digital marketing maka volume penjualan usaha pengolahan Bakso Ikan di Kota Kendari akan semakin meningkat.
Referensi
Abdul, M.K., Nurdiana, M., dan Wiwin, S. 2018. Model Pemasaran Digital Marketing FB_Ads dan Email Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Ilmu Manajemen. 5(2).
Ayuni, Q., Hafied, C., dan Arianto. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. 23(2).
Dedy, P., Rahmi, R. dan Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1(1):1-17.
Hardi, S., Budiyanto dan Siang, R.D. 2017. Analisis Keuntungan dan Strategi Pengembangan Usaha Lobster (Panulirus spp.) pada CV. Sea Queen Kota Kendari.
Siang, R.D., Desy, S. dan Risfandi. 2017. Pemasaran Abon Ikan di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Bisnis Perikanan FPIK UHO.4(2).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV. Bandung.
Suwamba, I.D.K. 2008. Proses Pemindangan dengan Mempergunakan Garam dengan Konsentrasi yang Berbeda. Denpasar.
Trio, F.M. dan Debby, A. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Masyarakat Ekonomi Asean. Manajemen Dewantara.1(2).
Usman, H. dan Purnomo, S.A. 2006. Pengantar Statistika. Bumi Aksara. Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yuliana, Budiyanto, Wa Ode Piliana, Roslindah Daeng Siang
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan (JSEP) dilisensikan di bawah lisensi (CC Attribution 4.0). Pengguna bebas untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.