Kajian pemasaran komoditi ikan beku PT. Hui Mei Wei Aquatic Product Tranding di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari
DOI:
https://doi.org/10.33772/jsep.v9i3.69Kata Kunci:
sistem pemasaran, komoditi ikan beku, keuntungan perusahaan, penerimaan perusahaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pengolahan ikan beku dan sistem pemasaran ikan beku. Penelitian ini di laksanakan di PT. Hui Mei Wei Aquatic Product Trading PPS Kendari pada bulan Februari–Maret 2022. Teknik penarikan sampel dipilih secara purposive sampling dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pencatatan dan studi literature yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah rumus keuntungan yaitu π=TR-TC. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pengolahan ikan bekuPT. Hui Mei Wei Aquatic Product Trading dimulai dari penimbangan ikan, pembersihan, penyortiran, pembekuan, pengemasan serta pemasaran.Sistem pemasaran ikan beku PT. Hui Mei Wei Aquatic Product Trading yaitu diawali dengan mengikuti keinginan pembeli di Hongkong, dan selanjutnya menyiapkan komoditi ikan beku sesuai dengan permintaan dan mencari jasa pelayaran untuk mengantarkan barangnya ke negara tujuan (Hongkong).
Referensi
Arham, N. F., Siang, R. D., & Piliana, W. O. (2017). Analisis Keuntungan Pengolahan Ikan Asap (Studi Kasus Pada Kelompok Khaerunnisa Di Keluarahan Anduonohu Kecamatan Poasia Kota Kendari). Journal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO, 2(4), 254–262.
Heriyanto, Yusuf, S & A, Nurdiana. (2017). Analisis Keuntungan Usaha Tambak Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Di Desa Porara Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 2(2): 80-93.
La Ola, L.O. (2017). Ekonomi Produksi Perikanan. CV Andi Offset (Penerbit Andi). Yogyakarta. ISBN: 978-979-29-6378-6.
La Ola, L.O., (2014). Efisiensi Biaya Produksi Dan Daya Saing Komoditi Perikanan Laut Di Pasar Lokal Dan Pasar Ekspor. Jurnal Bisnis Perikanan. ISSN : 2355-6617 Vol. 1(1), Hal. 39-50.
Mainah, N., Sarini, Y dan Nurdiana, A. (2017). Hubungan Patron-Klien Dan Keuntungan Nelayan Rajungan (Portunus Pelagicus) Di Desa Pajala Kecamatan Maginti Kabupaten Muna Barat. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO. Vol. 2(2): 66-72.
Mood, M. (2017). Analisis Keuntungan Usaha Produksi Ikan Asap Pada Home Industry Khusnul Jaya Berkahdi Kota Samarinda. Journal Administrasi Bisnis, 5(230–241), 230–241.
Sari, Intan T.P. dan M. I. A. Rauf. (2020). Analisis Pendapatan Usaha Perikanan Tangkap: Pengalaman dari Nelayan Kabupaten Garut Jawa Barat. Jurnal Ekono Insentif, 14(1): 12-27.
Siang, R. D., & Nurdiana, A. (2010). Pengantar Ekonomi Perikanan. Unhalu-Press. Kendari.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung. Hal: 447-450,ISBN: 979-8433-71-8.
Suratiyah, K. (2009). Ilmu Usaha Tani.Penebar Swadaya. Jakarta.
Swasta, B. dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Moderen. Yogyakarta: Liberty. Hal. 446, ISPN: 9794990132.
Tibrani. (2015). Analisis Sistem Pemasaran Ikan Patin Segar Desa Koto Mesjid Ke Daerah Tujuan Pemasaran. Jurnal Dinamika Pertanian, 30(3), 273–282.
Yusuf, S., Nispar, M., Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, P., & Dan Perikanan, P. (2014.). Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Rumput Laut Di Desa Mallasoro Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto Jurnal Bisnis Perikanan 1(1), 17–28.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 La Ode Rahman, La Onu La Ola, Akhmad Mansyur, Risfandi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan (JSEP) dilisensikan di bawah lisensi (CC Attribution 4.0). Pengguna bebas untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.