Strategi pemasaran kerupuk ikan teri di Desa Terapung Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah
DOI:
https://doi.org/10.33772/jsep.v8i4.34Kata Kunci:
ikan teri , kerupuk , strategi pemasaran, usaha cahaya faizAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran kerupuk ikan teri pada usaha Cahaya Faiz di Desa Terapung Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah pada Bulan Agustus 2022. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT, dengan menggunakan skala likert. Hasil analisis menunjukan Strategi SO memanfaatkan input lokasi untuk memproduksi bahan kerupuk ikan teri, memberikan kepuasan kualitas kerupuk ikan teri yang dibeli, hubungan kemitraan yang cukup baik antar pelaku usaha dan nelayan. Strategi W-O memaksimalkan promosi produk agar lebih dikenal oleh masyarakat luas baik secara langsung ataupun online dan meningkatkan strategi manajemen pemasaran maupun tenaga kerja. Strategi S-T memberikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap produk olahan kerupuk ikan teri, peningkatan kualitas produk kerupuk ikan teri dan meningkatkan jumlah produk olahan kerupuk ikan teri. Strategi W-T memaksimalkan ketersediaan bahan baku ketika musim paceklik ikan teri.
Referensi
Dharmayanti, A. W. S. (2014). Manfaat ikan teri segar (Stolephorus sp) terhadap pertumbuhan tulang dan gigi. ODONTO: Dental Journal, 1(2), 52-56.
Fadhil, M. (2016). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar. Perspektif: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 1(1), 70-81.
Hidayat, T., & Purwokerto, U., (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3, 1-13.
Kusbandono, D. (2019). Analisis SWOT sebagai upaya pengembangan dan penguatan strategi bisnis (Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(2), 921-932.
Lita, W., Mansyur, A., Budiyanto, Patadjai, A. B., & Patiung, S. M. (2023). Hubungan antara tingkat pendidikan dengan kualitas pekerjaan karyawan di perusahaan pengolahan ikan pada PT. Triko Bina Nusantara Di Desa Dongkala Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8(1), 19–24. https://doi.org/10.33772/jsep.v8i1.14
Triantaphyllou, E. (2000). Multi-Criteria Decision Making Methods. In: Multi-criteria Decision Making Methods: A Comparative Study. Applied Optimization, vol 44. Springer, Boston, MA. https://doi.org/10.1007/978-1-4757-3157-6_2
Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.
Pasaribu, R. D., Pertiwi, A. N., & Sugiharto, Z. I. (2022). Strategi bisnis dan program fungsional pada usaha roti dengan pendekatan analisis dan matriks SWOT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1450-1465.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gamedia Pustaka Utama. Jakarta.
Syafruddin, H & Judijanto. (2022). Rancangan strategi menangani ancaman perang hybrida melalui patroli maritim di Laut Cina Selatan. Rekayasa 15 (1). 87-91 pp. doi: https://doi.org/10.21107/rekayasa.v15i1.14123
Suyono, B., & Hermawan, H. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan. Jurnal Ekomaks, 2(2), 1-15.
Sulaeman, A. (2014). Pengaruh upah dan pengalaman kerja terhadap produktivitas karyawan kerajinan ukiran Kabupaten Subang. Trikonomika, 13(1), 91-100.
Sumardianto., Eni, Y., dan Lamun, B. (2016). Faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang pengecer ikan laut segar di pasar terapung tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Kepulauan Riau. Jurnal Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Kepulauan Riau. Vol. 1(1): 1-13.
Utsalina, D.S., & Primandari, L.A. (2020). Analisis SWOT dalam penentuan bobot kriteria pada pemilihan strategi pemasaran menggunakan analytic network process. Antivirus: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 14(1), 51-60.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 La Ode Alfikram, *Sarini Yusuf, Wa Ode Piliana, Roslindah Daeng Siang, Sjamsu Alam Lawelle
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan (JSEP) dilisensikan di bawah lisensi (CC Attribution 4.0). Pengguna bebas untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.